Minggu, 04 Maret 2012

Ikan Mas Naniura (Makanan Khas Batak Toba)
Bahan-bahan:
Ikan Mas
Asam sunde (unte jingga)
Cabe
Andaliman
Rias
Kunyit
Lengkuas
Kacang tanah (kemiri)



Caranya:

Ikan mas dibelah, keluarkan tulang-tulangnya dan buang insang sama matanya (dicongkel).

Ikan mas ditiriskan (digantung) beberapa lama sampai airnya habis supaya tidak amis.

Kemudian peras asam sunde secukupnya dan ikan dibelah-belah sesuai dengan besarannya. Lalu rendamkan ikan mas tadi ke asam yang sudah disaring, bubuhi garam.

Ikan ditusuk-tusuk dengan garpu tapi bagian dadanya diiris/ditoreh dengan pisau, karena agak keras dagingnya dan rendam beberapa jam untuk normalnya sekitar 6 jam.

Bumbu-bumbu (andaliman, cabe, rias, kunyit dan kacang) digiling halus dan lengkuas diparut, dan diambil airnya dengan memeras lengkuas yang sudah diparut tadi, kemudian disaring.

Setelah beberapa jam ikannya direndam lalu bumbu-bumbu dimasukkan ke air asam ikan tadi. Ikan boleh angkat dulu ke satu tempat dan dipotong-potong.

Cairan asam ditambah dengan air lengkuas yang sudah disaring dan masukkan cabe, kunyit, andaliman yang sudah digiling dan bubuhi garam. Lalu masukkan rias dan kacang tanah yang sudah digiling halus.

Rasailah apakah garam sudah cukup.

Setelah cocok rasanya masukkan potongan-potongan ikan kedalam wadah campuran bumbu-bumbu sambil ditusuk-tusuk dengan garpu supaya bumbu-bumbu meresap pada setiap potongan ikan tadi.

Siap disajikan.


0 komentar:

Posting Komentar